Presiden Indonesia Minta Transformasi Digital Dipercepat
Teknologi Masa Depan

Presiden Indonesia Minta Transformasi Digital Dipercepat

Dengan adanya kemajuan teknologi memang sangat mempermudah setiap orang, ketika hendak menjalankan aktivitasnya. Di Indonesia sekarang ini sudah mulai dikembangkan transportasi digital yang minta oleh presiden republik Indonesia, Joko Widodo.

Pada masa pandemi Corona Corona, presiden RI mengatakan sekarang ini harus jadi momentum untuk membuat transfortasi digital yang saat ini sudah berkembang diberbagai negara juga. Pada pandemi Corona dikatakan Jokowi mengubahpola hidup yang normal, hingga menjadi new normal.

Jokowi selalu jelaskan pada masa sekarang, waktu pandemi ini pengguna internet bagi seluruh tatanan hidup, mulai dari berkerja, belajar, sampai dengan konsumsi masyarakat.

“Karena pada zaman sekarang pandemi corona telah tersebar hampir di setiap negara, tentunya pada masa pandemi ini mengubah secara struktural, cara kerja, aktivitas sampai dengan tata cara belajar, konsumsi dan transaksi secara offline dengan kontak fisik, menjadi semua aktivitas kebanyakan dijalankan bersama sistem online.” Kata Presiden RI tersebut, didalam rapat tentang penanganan Covid-19 serta juga membahas tentang Ekonomi Nasional via akun youtube resmi Skretariat Presiden itu.

Presiden Indonesia Minta Transformasi Digital Dipercepat

Presiden Indonesia Minta Transformasi Digital Dipercepat

Jokowi juga sempat mengatakan tentang survey  dari IMD World Digital Competitiveness pada tahun 2019, Indonesia berada pada tingkat 56 dari 63 negara. Indonesia juga masih berada pada peringkat terbawah, dibandingkan negara ASEAN yang lain tersebut.

Untuk bisa mendorong tingkat kompetitif digital di Indonesia, presiden RI juga mengaku sudah jalankan koordinasi bersama MENKOINFO (Menteri Komunikasi & Informatika) Johny. G untuk tingkaat sebuah sistem perluasan akses, juga peningkatan ifrastruktur digital pasalnya.

Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah sudah menyiapkan beberapa peta jalan (Road Map), serta hadirkan tranfortasi digital di sektor-sektor strategis, diantaranya terdiri dari layanan punlik, pemerintah, pendidikan, industri, penyiaran, kesehatan  dan perdagangan.

“Saya juga telah mengatakan terhadap MENKOINFO tentang hal tersebut, kemudian bilang untuk percepat  penyedia layanan internet pada 12.5000 desa dan kelurahan, yang berada  pada titik layanan publik. Serta jangan sampai di-undur lagi mengenai infrastruktur digital yang sudah dirancang tentunya, justru itilitasnya begitu rendah”  Kata Jokowi dengan tegas.

Pak Jokowi juga ada mengungkapkan pemerintah akan segera membuat projek integrasi pusat data nasional. Tidak hanya itu, orang pertama di Indonesia itu, juga mengatakan telah persiapkan SDM Talenta Digital, yang dibutuhkan mencapai 9 juta orang untuk 15 tahun kedepannya.

Anda mungkin juga suka...